AHLAN WA SAHLAN

Minggu, 08 Januari 2017

Alasan Mengapa Pembelajaran Model Halaqah(Berkelompok) Lebih Efektif Dibandingkang Model Kelas

Alasan Mengapa Pembelajaran Model Halaqah(Berkelompok) Lebih Efektif Dibandingkang Model Kelas




1.    Model Pembelejaran Lebih Memperhatikan Murid


  karena pembelajaran halaqah hanya diikuti maksimal 5-10 orang, maka akan sangat mudah memperhatikan murid. Berbeda dengan pembelajaran kelas, akan sangat sulit bagi guru memperhatikan perkembangan muridnya. Dalam metode kelas tidak sedikit ditemukan murid yang duduk di kursi paling belakang atau duduk di kursi paling sudut luput dari perhatian guru.


2.    Model Pembelajaran Halaqah Selalu Terjadi Diskusi


    Dalam pembelajaran halaqah, tiap murid dipaksa untuk berinteraksi dengan guru ataupun dengan murid lainnya. Sehingga membentuk kecakapan murid. Berbeda dengan pembelajaran kelas, hanya segelintir orang saja yang bisa berdiskusi. Karena jika seluruh siswa kelas berdiskusi, maka akan sulit dihindari terjadi gaduh yang tidak bisa ditenangkan oleh guru. Selain itu, apabila seluruh siswa berdiskusi dengan guru, memakan banyak waktu.


3.    Model Pembelajaran Kelas Hanya Memperhatikan Anak Yang Menonjol


  Selalu ada satu murid menonjol di  pembelajaran, namun dengan pembelajaran halaqah guru menjadi tahu apa kekurangan & kelebihan muridnya. Berbeda dengan pembelajaran kelas, guru tidak punya banyak waktu & kesempatan untuk melihat kelebihan & kekurangan setiap muridnya. Maka dengan itu, pembelajaran kelas membuat guru hanya memperhatikan anak yang menonjol


4.    Model Pembelajaran Halaqah Membuat Guru & Murid Menjadi Akrab


    Karena dalam model pembelajaran halaqah guru selalu berinteraksi kepada muridnya, maka akan sangat mudah terjalin ikatan. Berbeda dengan pembelajaran kelas, tidak akan dapat guru menjalin keakraban dengan semua murid.


5.    Model Pembelajaran Kelas Mencetak Kualitas Murid Yang Lebih Baik Dibandingkan Murid Kelas



    Mungkin memang hal ini tidak kami temukan di riset – riset penelitian namun pada zaman sebelum peradaban eropa bersinar ada peradaban yang menggunakan model pembelajaran model halaqah di setiap pembelajarannya. Hasilnya dari situ banyak menelurkan ilmuan penemu di berbagai bidang.


Semoga Bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar