AHLAN WA SAHLAN

Jumat, 03 Februari 2017

MENGERIKAN !!! INILAH DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA.

MENGERIKAN !!! INILAH DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA.





Bahaya narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba semakin banyak didengung-dengungkan. Sebab, penyalahgunaan narkoba bisa membahayakan bagi keluarga, masyarakat dan masa depan bangsa.


Secara umum semua jenis narkoba jika disalahgunakan akan memberikan 4 dampak


1. Depresan : pemakai akan tertidur atau tidak sadarkan diri

2. Halusinogen : pemakai akan berhalusinasi (melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada)

3. Stimulan : mempercepat kerja organ tubuh dan otak sehingga pemakai merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu. Karena organ tubuh terus  dipaksa bekerja di luar batas normal, lama-lama syarafnya akan rusak dan bisa mengakibatkan kematian.

4. Adiktif : pemakai akan merasa ketagihan sehingga akan melakukan berbagai cara agar terus bisa mengonsumsinya. Jika pemakai tidak bisa mendapatkannya, tubuhnya akan ada pada kondisi kritis (sakaw)


Adapun bahaya narkoba berdasarkan jenisnya adalah sebagai berikut :


1. Kokain : denyut jantung bertambah cepat, gelisah, rasa gembira berlebihan, harga diri meningkat, banyak bicara, kejang-kejang, pupil mata melebar, berkeringat dingin, mual hingga muntah, mudah berkelahi, pendarahan pada otak, penyumbatan pembuluh darah, pergerakan mata tidak terkendali, kekakuan otot leher.

2. Ganja : mata sembab, kantung mata terlihat bengkak merah dan berair; sering melamun, pendengaran terganggu, selalu tertawa, terkadang cepat marah, tidak bergairah, gelisah, dehidrasi, gigi keropos, liver, saraf otak dan saraf mata rusak;

3. Ectasy : enerjik tapi matanya sayu dan wajahnya pucat, berkeringat, sulit tidur, kerusakan saraf otak, dehidrasi, gangguan liver, gigi keropos, tidak nafsu makan, sraf mata rusak

4. Shabu-shabu : enerjik, paranoid, sulit tidur, sulit berfikir, kerusakan saraf otak, banyak bicara, denyut jantung bertambah cepat, pendarahan otak, shock pada pembuluh darah jantung berujung pada kematian

Perilaku pemakai untuk mendapatkan narkoba melakukan berbagai cara untuk mendapatkan narkoba secara terus-menerus. Pemakai yang sudah berada pada tahap kecanduan akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan narkoba kembali.

Misalnya, pelajar bisa menggunakan uang sekolahnya untuk membeli narkoba jika sudah tidak mempunyai persediaan uang. Bahkan mereka bisa mencuri uang dari orang tua, teman atau tetangga. Hal tersebut akan mengganggu stabilitas sosial. Dengan kondisi tubuh yang rusak, mustahil bagi pemakai untuk belajar, bekerja, berkarya atau melakukan hal-hal positif lainnya.


Dampak narkoba terhadap fisik


Berat badannya akan turun secara drastis

Matanya akan terlihat cekung dan merah

Mukanya pucat

Bibirnya menjadi kehitam-hitaman

Tangannya dipenuhi bintik-bintik merah

Buang air besar dan kecil kurang lancar

Sembelit atau sakit perut tanpa alasan

Dampak  narkoba terhadap emosi : sangat sensitif, jika ditegur atau dimarahi akan membangkang, emosinya tidak stabil,  kehilangan nafsu makan.


Pemakai akan menunjukkan perilaku negatif sebagai berikut:


Malas

Sering melupakan tanggung jawab

Menunjukkan sikap tidak peduli

Jarang mengerjakkan tugas-tugas rutinnya

Menunjukkan sikap tidak peduli

Menjauh dari keluarga

Suka mencuri

Menggadaikan barang-barang

Sering menyendiri

Menghabiskan waktu ditempat sepi dan gelap

Takut akan air

Batuk dan pilek berkepanjangan

Mengeluarkan keringat berlebihan

Sering mengalami mimpi buruk

Mengalami nyeri kepala, ngilu di sendi-sendi tubuhnya



SEMOGA BERMANFAAT..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar