AHLAN WA SAHLAN

Selasa, 07 Februari 2017

Apakah benar paham Khilafah ‘Ala Minhaj An-Nubuwwah ke-2 adalah masa ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz ra ??

Apakah benar paham Khilafah ‘Ala Minhaj An-Nubuwwah ke-2 adalah masa ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz ra ??



Syubhat

Asumsi bahwa Khilafah ‘Ala Minhaj An-Nubuwwah ke-2 belum datang adalah salah, karena menurut para ‘ulama yang dimaksud dalam hadits Ahmad adalah masa ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz ra.

Al-Imam al-Hafizh Abu Bakar Ahmad bin al-Husain al-Baihaqi, berkata dalam kitabnya, Dalail al-Nubuwwah wa Ma’rifat Ahwal Shahib al-Syari’ah, juz 6, hal. 491, bahwa maksud khilafah al-nubuwwah dalam hadits Hudzaifah adalah Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Syaikh Yusuf bin Ismail al-Nabhani al-Asy’ari al-Syafi’i, ulama Sunni, kakek Syaikh Taqiyyudin al-Nabhani, pendiri Hizbut Tahrir, menyebutkan dalam kitabnya, Hujjatullah ‘ala al-’Alamin fi Mu’jizat Sayyid al-Mursalin, hal. 527, bahwa yang dimaksud dengan khilafah al-nubuwwah dalam hadits Hudzaifah tersebut adalah khilafahnya Umar bin Abdul Aziz.



Jawaban


1.    Bahwa khilafah ‘ala minhaj an-nubuwwah yang disebut hadits Ahmad adalah masa Khalifah Umar bin Abdil ‘Aziz ra. adalah merupakan asumsi seorang perawi bernama Habib bin Salim rahimahullaah, dia tidak termasuk hadits Rasulullah saw.

2.    Habib bin Salim rahimahullaah sendiri tidak meyakini akan asumsinya tersebut, beliau hanya mengatakan “berharap”:


3.    Kalaupun ada yang berpendapat demikian tentunya tidak berupa keyakinan yang kemudian menafikan kemungkinan-kemungkinan lainnya, karena landasannya sebatas asumsi seorang perawi yang beliau sendiri bahkan tidak sampai meyakininya.

4.    Menurut hadits Muslim Nomor 2913: Akan ada kembali kekhilafahan,

(a) Hadits menyebutkan munculnya khalifah di akhir umat Nabi Muhammad saw.,

(b) Keterangan dua orang perawinya Abu Nadhrah dan Abu Al-’Alaa’ saat ditanya oleh Al-Jurairiy,


Jelas yang dimaksud bukan kalifah ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz,. Mengatakan tidak akan ada lagi khalifah berarti mengingkari hadits shahih ini.

5.    Masih dari sumber yang sama, yaitu hadits nomor 2914: akan muncul kembali Khalifah di Akhir Zaman. Tentunya bukan kalifah ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz, karena beliau hidup dekat dengan masa kenabian dan bukan di akhir zaman. 


    Mengatakan tidak akan ada lagi khalifah berarti mengingkari hadits shahih ini.


Semoga Bermanfaat.. Barakallah..



Footnote
Hizbut Tahrir Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar