Benarkah Menolak
Penggunaan Hadits Ahad Dalam Masalah Akidah Sama Dengan Mu’tazilah
Syubhat
Benarkah Menolak Penggunaan Hadits Ahad Dalam Masalah Akidah
Sama Dengan Mu’tazilah ??
Penjelasan
Yang benar adalah tidak menggunakan Hadits Ahad sebagai
landasan akidah, karena ia bersifat zhanniy (dugaan) tidak qath’iy (pasti).
Sementara memunculkan kayakinan tidak bisa kecuali hanya dengan dalil yang
bersifat qath’iy, yaitu Al-Qur’an dan Hadits Mutawatir.
Adapun terhadap Hadits Ahad yang shahih, jika terkait syari’at
wajib diamalkan, dan jika terkait keyakinan cukup dibenarkan.
Hal ini tidak sebagaimana Mu’tazilah yang menolak hadits
Ahad dalam hal akidah secara mutlak.
Apakah hadits ahad yang Shahih berfaedah ‘ilm (keyakinan)
atau zhann (dugaan) à
perbedaan ulama sejak dulu:
- Hadits ahad berfaedah ‘ilm (keyakinan)
- Secara mutlak à imam ibn hazm azh-dzahiri
- Jika ada qorinah à imam al-amidi
- Jika telah disepakati umat untuk diterima (shahih Bukhari dan shahih Muslim) à imam ibnu shalah
- Hadits ahad berfaedah zhann (dugaan) tidak berfaedah ‘ilm (keyakinan) à imam an-nawawi dan jumhur ulama
An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 1/131:
فالذى
عليه جماهير المسلمين من الصحابة والتابعين فمن بعدهم من المحدثين والفقهاء وأصحاب
الاصول أن خبر الواحد الثقة حجة من حجج الشرع يلزم العمل بها ويفيد الظن ولا يفيد
العلم .
“dan yang merupakan pendapat mayoritas kaum muslim
dari kalangan sahabat, tabi’ien dan siapa-siapa setelah mereka dari kalangan
ulama hadits, ulama fiqh, dan ulama ushul, bahwa khabar ahad yang terpercaya
(sahih) merupakan hujjah di antara hujjah-hujjah syara’ yang wajib diamalkan,
dan bahwa dia berfaedah zhann (dugaan) tidak berfaedah ‘ilm (keyakinan).”
وذهب بعض
المحدثين إلى أن الآحاد التى فى صحيح البخارى أو صحيح مسلم تفيد العلم دون غيرها
من الآحاد وقد قدمنا هذا القول وابطاله فى الفصول وهذه الأقاويل كلها سوى قول
الجمهور باطلة ...
“Sebagian ‘ulama hadits berpendapat bahwa hadits ahad
di dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim berfaeah ‘ilm (yakin), tidak hadits
ahad selainnya. Dan kami telah menjelaskan pendapat ini beserta bantahan
terhadapnya di banyak fashal. Semua pendapat-pendapat ini selain pendapat
jumhur adalah batil (salah) …
... وأما من قال يوجب العلم فهو مكابر للحس وكيف
يحصل العلم واحتمال الغلط والوهم والكذب وغير ذلك متطرق إليه . والله أعلم .
… Adapun orang yang berpendapat bahwa hadits ahad
meniscayakan ‘ilm maka dia telah berpaling dari kenyataan. Bagaimana bisa
hadits ahad menghasilkan ‘ilm sementara kemungkinan adanya penyimpangan,
kealpaan, pemalsuan dan yang lainnya ada padanya. Wallahu ‘alam.” [An-Nawawi,
Syarah Shahih Muslim, jilid I hal. 132]
Bahwa khabar ahad tidak berfaedah ilmu = pendapat jumhur
‘ulama à
bukan klaim Imam An-Nawawi
فصل هل يوجب خبر الواحد العدل العلم مع العمل أو العمل دون العلم
قال أبو محمد قال أبو سليمان والحسين عن أبي علي الكرابيسي والحارث بن
أسد المحاسبي وغيرهم أن خبر الواحد العدل عن مثله إلى رسول الله صلى الله عليه
وسلم يوجب العلم والعمل معا ، وبهذا نقول ، وقد ذكر هذا القول أحمد بن إسحاق
المعروف بابن خويز منداد عن مالك بن أنس . وقال الحنفيون والشافعيون وجمهور
المالكيين وجميع المعتزلة والخوارج إن خبر الواحد لا يوجب العلم ، ومعنى هذا عند
جميعهم أنه قد يمكن أن يكون كذبا أو موهوما فيه واتفقوا كلهم في هذا ، وسوى بعضهم
بين المسند والمرسل . ... (لينظر الإحكام في أصول الأحكام لابن حزم - دار الحديث -
القاهرة - ج 1 / ص 131)
Semoga Bermanfaat.. Barakallah..
Footnote
Hizbut tahrir Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar