RENCANA KEGIATAN HARIAN
Satuan
Pendidikan : SD N Pelita Ungu
Kelas/Semester
: 1
Tema : Keluargaku
Sub
Tema : Anggota
Keluargaku
Pertemuan
ke- : Pembelajaran ke-3
Alokasi Waktu : 1 hari (6jp) = 35x6jp
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memilki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1. BAHASA
INDONESIA
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
2. MATEMATIKA
4.1 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau di tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya.
3. PJOK
4.6 Mempraktikkan pola gerak dasar senam
sederhana menggunakan pola lokomotor dan nonlokomotor yang dilandasi konsep
gerak mengikuti irama(ketukan) tanpa / dengan musik
C.
INDIKATOR
1. BAHASA
INDONESIA
·
Bercerita kegiatan
olahraga yang biasa dilakukan bersama keluarga
2. MATEMATIKA
·
Menyelesaikan
soal cerita penjumlahan
3.
PJOK
·
Melakukan senam irama
sesuai contoh
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan olahraga yang
biasa dilakukan bersama keluarga.
2. Melalui
melihat contoh yang ditunjukkan guru, siswa dapat mengikuti senam irama sesuai
contoh.
3. Dengan
mengamati contoh soal cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan benar.
E.
MATERI
AJAR
1. Kegiatan
olahraga bersama keluarga
2. Soal
cerita penjumlahan
3. Senam
irama
F.
PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan : Saintifik
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi.
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
1.
Pengkondisian
a.
Guru mengucapkan salam, kemudian mengajak
siswa berdoa menurut agama
dan keyakinan masing-masing (mengawali kegiatan pembelajaran)
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
2.
Apersepsi :
Guru
memberi pertanyaan kepada siswa “ apakah
ayah dan ibumu suka berolahraga?”
3.
Motivasi
Guru
memberi motivasi kepada siswa agar semangat mengikuti pelajaran. ” ayo perhatikan ibu, supaya nant imemahami
materi pelajaran dengan baik! “
4.
Informasi
Guru
menyampaikan tujuan atau tema yang akan dipelajari.
|
30
menit
|
KEGIATAN INTI
|
1.
Guru meminta siswa untuk
mengamati gambar yang ada di buku siswa tentang berolahraga bersama. (pengamatan)
2.
Salah satu siswa ditunjuk
maju dan diminta menyebutkan olahraga apa saja yang menjadi kesukaan ayah,
ibu, kakak, dan adiknya.
3.
Guru meminta semua siswa
menuliskan olahraga apa saja yang pernah dilakukannya dengan keluarga.
4.
Guru meminta beberapa siswa
untuk mengemukakan pendapatnya tentang temapat mana mereka biasa berolahraga
bersama keluarga.
5.
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya (bertanya)
6.
Guru mengajak siswa keluar kelas menuju lapangan
atau halaman sekolah.
7.
Guru membimbing siswa untuk
melakukan senam irama dengan iringan lagu senam irama.
8.
Selesai senam irama dan
pendinginan, Guru mengajak siswa untuk kembali keruang kelas.
9.
Guru meminta siswa
memperhatikan guru membaca teks di buku siswa
10. Guru
meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman.
11. Guru
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan buku teks
tersebut.
12.
Guru meminta siswa
untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacakan guru dengan menggunakan
bahasa mereka sendiri. (berjejaring)
13. Guru
meminta siswa untuk mengamati contoh soal cerita berdasarkan gambar (pengamatan)
14. Guru
meminta siswa untuk menyimak cerita tentang sebuah keluarga yang sedang
berkumpul bersama.
15.
Guru meminta siswa
untuk mengerjakan soal-soal penjumlahan yang berkaitan dengan banyak anggota
keluarga. (berfikir)
16. Guru
meminta siswa berlatih penjumlahan di dalam bukusiswa (penugasan)
17.
Guru meminta siswa
untuk menempelkan hasil pekerjaanya di dinding yang sudah disediakan khusus
untuk siswa. (berjejaring)
|
140
menit
|
PENUTUP
|
1.
Guru melakukan refleksi kegiatan dengan
meminta peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
2.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil
pembelajaran hari ini
3.
Guru memberikan evaluasi
kepada siswa
4.
Guru memberikan tugas rumah
5.
Guru memberi salam dan menutup pembelajaran
|
40
menit
|
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
a.
Kaset/CD senam irama.
b.
Radio/alat pemutar kaset/CD.
c.
Boneka jari atau wayang kecil
untuk alat peraga mendongeng.
d.
Gambar sebuah keluarga yang
berkumpul.
2. Sumber Belajar
a.
Buku Guru kelas 1
keluargaku hal 12-14
b.
Buku Siswa kelas 1
keluargaku hal 7-10
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
a.
Penilaian proses (rubrik penilaian)
b.
Penilaian hasil belajar (instrumen)
2.
Instrumen
a.
Tes : pilgan, isian singkat dan uraian
b.
Non tes : rubrik
penilaian
3.
Kunci dan pedoman penskoran (terlampir)
4.
Tugas (terlampir)
Mengetahui Semarang,17 November 2013
Kepala sekolah Guru kelas 1
Dra. Sri Hartati
S.Pd, M.Pd Erma Yafi S.Pd.
NIP.
.......................................... NIP. ..............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar