AHLAN WA SAHLAN

Jumat, 17 Maret 2017

RKH SD KELAS 1 BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, PJOK

RENCANA KEGIATAN HARIAN

Satuan Pendidikan      : SD N Pelita Ungu
Kelas/Semester            : 1
Tema                           : Keluargaku
Sub Tema                    : Anggota Keluargaku
Pertemuan ke-             : Pembelajaran ke-3
Alokasi Waktu            : 1 hari (6jp) = 35x6jp

A.    KOMPETENSI INTI
1.         Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memilki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.  

B.     KOMPETENSI DASAR
1.      BAHASA INDONESIA
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.


2.      MATEMATIKA
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau di tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
3.      PJOK
4.6 Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama(ketukan) tanpa / dengan musik

C.    INDIKATOR
1.      BAHASA INDONESIA
·         Bercerita kegiatan olahraga yang biasa dilakukan bersama keluarga
2.      MATEMATIKA
·         Menyelesaikan soal cerita penjumlahan
3.     PJOK
·         Melakukan senam irama sesuai contoh

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan olahraga yang biasa dilakukan bersama keluarga.
2.      Melalui melihat contoh yang ditunjukkan guru, siswa dapat mengikuti senam irama sesuai contoh.
3.      Dengan mengamati contoh soal   cerita   yang dibacakan guru, siswa dapat  menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan benar.
E.     MATERI AJAR
1.      Kegiatan olahraga bersama keluarga
2.      Soal cerita penjumlahan
3.      Senam irama



F.     PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
1.          Pengkondisian
a.     Guru mengucapkan salam, kemudian mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (mengawali kegiatan pembelajaran)
b.     Guru mengecek kehadiran siswa
2.         Apersepsi :
Guru memberi pertanyaan kepada siswa “ apakah ayah dan ibumu suka berolahraga?”
3.         Motivasi
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat mengikuti pelajaran. ” ayo perhatikan ibu, supaya nant imemahami materi pelajaran dengan baik!
4.         Informasi
Guru menyampaikan tujuan atau tema yang akan dipelajari.
30 menit
KEGIATAN  INTI
1.         Guru meminta siswa untuk mengamati gambar yang ada di buku siswa tentang berolahraga bersama. (pengamatan)
2.         Salah satu siswa ditunjuk maju dan diminta menyebutkan olahraga apa saja yang menjadi kesukaan ayah, ibu, kakak, dan adiknya.
3.         Guru meminta semua siswa menuliskan olahraga apa saja yang pernah dilakukannya dengan keluarga.
4.         Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang temapat mana mereka biasa berolahraga bersama keluarga.
5.         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya (bertanya)
6.         Guru  mengajak siswa keluar kelas menuju lapangan atau halaman sekolah.
7.         Guru membimbing siswa untuk melakukan senam irama dengan iringan lagu senam irama.
8.         Selesai senam irama dan pendinginan, Guru mengajak siswa untuk kembali keruang kelas.
9.         Guru meminta siswa memperhatikan guru membaca teks di buku siswa
10.     Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman.
11.     Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan buku teks tersebut.
12.     Guru meminta siswa untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacakan guru dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. (berjejaring)
13.     Guru meminta siswa untuk mengamati contoh soal cerita berdasarkan gambar (pengamatan)
14.     Guru meminta siswa untuk menyimak cerita tentang sebuah keluarga yang sedang berkumpul bersama.
15.     Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal penjumlahan yang berkaitan dengan banyak anggota keluarga. (berfikir)
16.     Guru meminta siswa berlatih penjumlahan di dalam bukusiswa (penugasan)
17.     Guru meminta siswa untuk menempelkan hasil pekerjaanya di dinding yang sudah disediakan khusus untuk siswa. (berjejaring)
140 menit
PENUTUP
1.         Guru melakukan refleksi kegiatan dengan meminta peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
2.         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini
3.         Guru memberikan evaluasi kepada siswa
4.         Guru memberikan tugas rumah
5.         Guru memberi salam dan menutup pembelajaran
40 menit


H.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media
a.         Kaset/CD   senam irama.
b.         Radio/alat pemutar kaset/CD.
c.         Boneka jari atau wayang kecil untuk alat peraga mendongeng.
d.        Gambar    sebuah keluarga   yang  berkumpul.
2.    Sumber Belajar
a.         Buku Guru kelas 1 keluargaku hal 12-14
b.         Buku Siswa kelas 1 keluargaku hal 7-10

I.       PENILAIAN
1.         Prosedur
a.         Penilaian proses (rubrik penilaian)
b.        Penilaian hasil belajar (instrumen)
2.         Instrumen
a.         Tes                 : pilgan, isian singkat dan uraian
b.        Non tes          : rubrik penilaian
3.         Kunci dan pedoman penskoran (terlampir)
4.         Tugas (terlampir)





Mengetahui                                                                     Semarang,17 November 2013
Kepala sekolah                                                               Guru kelas 1




Dra. Sri Hartati S.Pd,                                                  M.PdErma Yafi S.Pd.
NIP. ..........................................                                    NIP. ..............................







Tidak ada komentar:

Posting Komentar